Sabtu, 30 Oktober 2010

Pengukuran, Metrik dan Jaminan

Ringkasan :

Proyek pengukuran, metrik dan jaminan berfokus pada pengukuran dan menilai kepercayaan dalam perangkat lunak, sistem dan aplikasi. Ia melakukan penelitian kedalam karakteristik sistem perangkat lunak yang berhubungan dengan atau kepercayaan dukungan, dan berusaha untuk mengidentifikasi dan memperbaiki metrik dan metode pengukuran (metrologi yaitu) yang memungkinkan pengembangan untuk menganalisis, mengevaluasi dan menjamin kepercayaan dalam sistem perangakat lunak dan aplikasi.

Saat ini, proyek MMA terdiri dari 2 sub tugas dimana semua anggota proyek berpatisipasi :
  • Perangkat lunak Structure Assurance (SSA).
  • Metrik dan Metrologi (MM).

Keterangan :

Yang terstruktur Software Assurance (SSA) adalah tugas menyelidiki metodologi yang dikenal sebagai "model kasus jaminan terstruktur," yang telah digunakan secara ekstensif dalam memastikan sistem keamanan-kritis dan aplikasi, untuk aplikasi dan potensi mereka dalam menjamin kualitas sistem perangkat lunak lainnya, seperti kecepatan, ketergantungan, keamanan, dan kegunaan; kualitas yang berkontribusi pada sistem dapat dipercaya. Anggota proyek juga berkontribusi terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh Object Management Group ( OMG) Sistem Jaminan Platform Task Force (PTF) dalam mengembangkan spesifikasi dan tes untuk model Software Assurance Meta (SAM) . SAM ketika diimplementasikan, akan menyediakan mesin -dibaca repositori untuk menggambarkan meta data Klaim, Argumen, dan Informasi Bukti, yang merupakan unsur dari sebuah model kasus jaminan terstruktur.

Para metrik dan metrologi (MM)bertugas melakukan penelitian ke metrik dan metode pengukuran untuk perangkat lunak terpercaya, dan bekerjasama dengan proyek SAMATE dalam mengeksplorasi dan mengembangkan model dan metrik untuk perangkat lunak yang dapat dipercaya.

sumber http://www.nist.gov/itl/tis/mma.cfm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar